Dalam dunia bisnis memiliki profil perusahaan atau company profile yang solid dan menarik adalah cerminan dari identitias dan nilai sebuah perusahaan, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sebuah company profile bukan hanya sekedar dokumen, tetapi alat strategi dalam memperkenalkan identitas, misi dan keunggulan bisnis.
Profil perusahaan yang efektif tentu memberikan gambaran jelas mengenai produk/layanan yang Anda tawarkan dan nilai-nilai yang Anda pegang. Dalam menyajikan informasi yang terstruktur dengan baik dan desain yang profesional, dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk membangun hubungan bisnis yang kuat.
Dengan ini, UMKM dapat terbangun dengan memiliki reputasi yang kuat, memperkuat kepercayaan pelanggan dan membuka peluang baru dalam berkembang dan berkolaborasi. Oleh karena itu, perlunya memperhatikan beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam sebuah company profile akan dijabarkan secara singkat sebagai berikut.
1. Halaman Sampul
Pada halaman utama, cantumkan nama UMKM secara lengkap disertai dengan logo UMKM dengan format gambar berkualitas tinggi. Berikan sebuah tagline atau slogan singkat dalam mencerminkan misi atau keunggulan UMKM Anda dibanding yang lainnya. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat email dan nomor telepon utama yang dapat dihubungi.
2. Pendahuluan
Berikan penjelasan singkat tentang UMKM Anda, termasuk jenis bisnis, produk utama, dan nilai-nilai yang diusung. Cantumkan secara singkat sejarah berdirinya UMKM Anda meliputi tanggal berdiri, pendiri dan perkembangan penting dalam sejarah UMKM. Serta jangan lupa untuk mencantumkan visi dan misi dari UMKM Anda sebagai bentuk pandangan tujuan yang ingin Anda capai dimasa depan.
3. Deskripsi UMKM
Pada deskripsi ini, berikan penjelasan mengenai bagaimana UMKM tersebut dimulai, motivasi dibalik pendiriannya dan evolusi dari waktu ke waktu. Cantumkan informasi hukum/kelegalitasan UMKM seperti lisensi usaha, nomor registrasi, status kepemilikan atau status “Halal” khususnya pada produk makanan.
Berikan informasi alamat lengkap kantor utama UMKM tersebut, bila memungkinkan sebutkan cabang atau lokasi lain yang tersedia dalam penjualan produk/layanan UMKM tersebut.
4. Produk dan Layanan
Berikan penjelasan detail tentang produk/layanan utama mencakup fitur, manfaat, dan spesifikasi. Informasikan keunggulan produk/layanan yang membedakan produk/layanan Anda dengan kompetitor, serta sajikan foto, deskripsi dan hasil produk/proyek yang menonjol dengan kualitas foto yang tinggi.
5. Target Pasar
Dalam menentukan target pasar, cantumkan informasi saluran pemasaran yang digunakan, seperti media sosial, iklan online, dll. Kemudian, cantumkan juga metode penjualan yang digunakan oleh UMKM tersebut, seperti e-commerce, distributor dll.
7. Testimoni dan Klien
Dalam memberikan bukti kualitas dan kinerja atas produk/layanan pada UMKM, berikan testimoni dari pelanggan yang puas dari hasil produk/layanan yang positif. Cantumkan daftar klien utama, termasuk nama-nama klien besar atau terkenal yang telah menggunakna produk/layanan UMKM Anda.
8. Kontak
Pentingnya mencantumkan informasi kontak yang lengkap, termasuk alamat, nomor telepon, dan alamat email, agar mudah untuk menghubungi UMKM Anda. Selain itu, sertakan link ke akun media sosial perusahaan dan situs web resmi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarka UMKM Anda.