Keyword tools gratis menjadi pilihan bagi banyak praktisi SEO untuk melakukan penelitian kata kunci. Namun, masih banyak orang yang kurang memperhatikan pentingnya riset keyword. Padahal, hal ini krusial dalam menetapkan relevansi antara kata kunci dan konten, yang pada akhirnya dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di hasil pencarian.
Tanpa riset kata kunci yang memadai, situs web Anda mungkin akan terperosok ke posisi rendah di hasil pencarian karena kurang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna. Dampak buruknya, situs tersebut mungkin akan kesulitan mencapai target audiens, mengalami lalu lintas organik yang minim, dan bersaing sulit dengan pesaing.
Dengan menerapkan riset keyword secara teratur dan komprehensif untuk meningkatkan kualitas konten. Untuk melakukannya dapat menggunakan berbagai alat pencari kata kunci, seperti yang akan kita bahas selanjutnya!
Rekomendasi Keyword Tools Gratis
Berikut ini daftar rekomendasi keyword tools gratis yang bisa dimanfaatkan untuk riset keyword dengan beberapa keunggulan dan kelemahannya masing-masing.
1. Google Trends
Google Trends adalah sebuah alat gratis untuk riset keyword yang memungkinkan pengguna untuk melihat topik yang sedang tren dan populer di Google. Alat ini mencakup data dari berbagai wilayah di seluruh dunia. Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat melakukan berbagai jenis penelitian, termasuk menganalisis volume pencarian kata kunci, topik yang sedang tren, kata kunci musiman, dan berbagai aspek lainnya.
Keunggulan:
- Analisis kata kunci berdasarkan lokasi yang ditentukan secara khusus.
- Pembaruan data yang langsung terlihat secara real-time.
- Kemudahan akses data yang disediakan.
- Dapat dimanfaatkan untuk menganalisis pasar, perencanaan strategi SEO, dan pelaksanaan kampanye pemasaran.
Kelemahan:
- Tantangan dalam memahami dan menginterpretasikan data, terutama bagi pengguna baru yang belum terbiasa dengan alat ini.
- Topik dan kata kunci terkait mungkin memiliki pengaruh yang lebih rendah dibandingkan dengan tren utama.
2. Google Keyword Planner
Google Keyword Planner merupakan sebuah alat yang diberikan oleh Google untuk membantu pengguna dalam menemukan kata kunci yang sesuai dengan kampanye iklan mereka. Meskipun demikian, alat ini masih dapat digunakan secara gratis untuk melakukan riset kata kunci, melihat volume pencarian, dan melakukan analisis lainnya tanpa harus menjalankan iklan di Google Ads.
Keunggulan:
- Informasi volume pencarian yang diberikan mencakup jumlah pencarian organik.
- Keterhubungannya dengan Google Ads memudahkan pengguna dalam merencanakan kampanye iklan.
- Alat ini menyediakan detail informasi, termasuk volume pencarian, tingkat persaingan, dan estimasi biaya per klik untuk setiap kata kunci.
Kelemahan:
- Fitur penyaringan kata kunci terbatas, sehingga Google Keyword Planner hanya memberikan data pada pencocokan frasa.
3. Keywordtool.io
Keywordtool.io merupakan salah satu tool keyword gratis untuk menemukan variasi kata kunci beserta turunannya. Alat ini memungkinkan kamu mencari ratusan ide kata kunci dalam waktu singkat. Menariknya, Keywordtool.io mengambil data langsung dari Google Search, sehingga bisa dipastikan bahwa informasi keyword yang kamu peroleh memiliki akurasi tinggi.
Keunggulan:
- User-friendly dan dapat digunakan tanpa perlu membuat akun.
- Dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas konten media sosial, seperti platform Youtube dan Instagram.
Kelemahan:
- Tidak menyediakan data volume pencarian dalam versi gratisnya.
- Mengalami kesulitan dalam mendapatkan dukungan pelanggan melalui layanan obrolan langsung atau telepon.
4. Ubersuggest
Ubersuggest merupakan alat riset kata kunci SEO yang gratis dan dapat diakses langsung melalui situs web atau diinstal sebagai ekstensi Google Chrome. Dengan alat ini, pengguna tidak hanya dapat mencari informasi tentang kata kunci, tetapi juga mendapatkan data tentang kinerja domain, ide konten, rekomendasi kata kunci, dan lainnya. Meskipun relatif baru, Ubersuggest menyajikan fungsi dan fitur yang kuat.
Keunggulan:
- Dilengkapi dengan tata letak yang bersih, jelas, dan navigasi yang mudah dipahami.
- Menyajikan beragam fitur SEO secara komprehensif.
Kelemahan:
- Sebagian pengguna mengeluhkan absennya fitur pelacakan backlink untuk situs web dengan lalu lintas rendah.
- Ada kebingungan bagi beberapa pengguna terkait keterkaitan antara kata kunci, daftar kata kunci, dan pelacakan.
5. Wordtracker
Wordtracker adalah alat pencarian kata kunci gratis yang dirancang oleh dua bersaudara, Andy dan Mike Mindel, pada akhir tahun 1990-an. Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi kata kunci dengan mudah dengan hanya memasukkan kata kunci utama. Selanjutnya, Wordtracker akan menampilkan berbagai variasi kata kunci beserta tingkat popularitasnya dalam satu tahun terakhir.
Keunggulan:
- Tersedia antarmuka dan navigasi yang sederhana dan mudah digunakan.
- Memfasilitasi pengguna dalam menemukan istilah pencarian terkait untuk merancang strategi SEO yang lebih terperinci.
- Menyediakan fitur penyortiran kolom yang praktis untuk memilih kata kunci secara efisien.
Kelemahan:
- Data yang ditampilkan terkadang tidak sepenuhnya akurat.
- Wordtracker cocok untuk pengguna awam, tetapi mungkin kurang memadai bagi profesional yang memerlukan tingkat keakuratan yang tinggi dalam data.