Bagi kalian yang baru ingin terjun menggeluti dunia bisnis, sebaiknya mengenali lebih dahulu apa itu Red Ocean dan Blue Ocean sebelum menentukan bisnis yang akan diusahakan.
Red Ocean yaitu kondisi dimana bisnis kita ikut bersaing pada pasar ruang pasar yang telah ada. Dapat dikatakan bahwa red ocean merupakan suatu persaingan bisnis yang terbilang tinggi, karena pada red ocean ini pesaing yang memulai bisnis yang serupa telah banyak.
Blue Ocean yaitu kondisi dimana kita membuat suatu ruang pasar baru yang belum termanfaatkan. Pada blue ocean ini persaingan terbilang rendah karena pasar bisnis yang serupa belum begitu banyak bahkan bisa jadi anda adalah pelopor pertamanya.
Untuk perbedaan lebih jelasnya dapat diringkas sebagai berikut,
Red Ocean,
1. Bersaing di pasar yang ada.
2. Kalahkan kompetisi.
3. Eksploitasi permintaan yang ada.
4. Melakukan value-cost trade-off.
5. Sejajarkan seluruh sistem kegiatan perusahaan dengan pilihan diferensiasi yang strategis atau biaya yang rendah.
2. Jadikan kompetisi tidak relevan.
3. Buat dan tangkap permintaan baru.
4. Hentikan value-cost trade-off.
5. Sejajarkan seluruh sistem kegiatan perusahaan dengan pilihan diferensiasi yang strategis dengan biaya rendah.
Dari penjelasan mengenai Red Ocean dan Blue Ocean sebelumnya, berikut ini disimpulkan 6 hal untuk merekonstruksi batasan-batasan pasar, yaitu :
1. Mencermati Industri-Industri Alternatif
2. Mencermati Kelompok-kelompok strategis industry
3. Mendefinisikan rantai pembeli
4. Mencermati penawaran produk dan jasa pelengkap
5. Mencermati daya tarik emosional atau fungsional bagi pembeli
6. Mencermati waktu
Itulah sekilas penjelasan yang dapat diperhatikan sebelum memutuskan ranah bisnis nantinya.